Tim PkM USU Bangun PLTS di Dusun Tanjung Beringin Langkat

Medan – Humas USU : Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen USU yang diketuai Dr Budi Utomo membangun sarana pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) bagi warga Dusun Tanjung Beringin Desa Lau Damak, Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, belum lama ini. 

Wilayah yang sangat terisolir ini berbatasan dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dengan akses jalan yang buruk dan hanya dapat dilalui kenderaan jeep 4x4. Kesulitan ini diperparah dengan jauhnya jarak wilayah ini dengan dusun lainnya. Tidak kurang dari 15 kepala keluarga tinggal di dusun ini.

 

Menurut salah seorang warga setempat, Erdison Ginting, dulu banyak warga yang tinggal di dusun ini, namun karena ketiadaan listrik mengakibatkan warga pindah ke dusun lainnya yang telah mendapatkan fasilitas tersebut. Warga menuturkan, mereka memutuskan tetap berdiam di dusun karena ingin tinggal tidak jauh dari kebun tempat usahanya. Akses yang buruk mengakibatkan sulitnya keluar masuk wilayah jika harus tinggal di luar dusun.


Warga telah lama mengeluhkan hal tersebut melalui Kepala Desa Lau Damak, namun hingga kini belum ada tanda-tanda bahwa wilayah mereka akan disentuh PLN. Masuknya Tim Pelaksana PkM yang menjanjikan akan mencari solusi beberapa waktu yang lalu memberikan angin segar bagi warga. Pada akhir Juli 2020, Tim PkM membawa solusi berupa penerangan berbasis PLTS untuk menerangi rumah-rumah warga.


Kini Dusun Tg Beringin yang tidak pernah diterangi cahaya lampu di malam hari kini mampu berbahagia menikmati fasilitas listrik. Sebelumnya warga harus menumpang ke dusun terdekat untuk sekadar mengisi ulang baterai telepon genggam. Namun kini hal tersebut tak lagi perlu dilakukan.

20200814 125654 resize 68


Selain itu Tim pelaksana PkM lainnya yang diketuai oleh Afifuddin Dalimunthe, SP, MP juga bekerjasama untuk memberikan penerangan jalan bagi lingkungan sekitar wilayah perumahan warga yang berbasis PLTS. Penerangan jalan umum otomatis ditempatkan pada tiang-tiang besi pada jarak tertentu sehingga mampu menerangi perumahan di dusun. Warga menyebutkan, kini anak-anak pada malam hari dapat bermain di luar rumah karena suasana lingkungan yang cukup terang hingga pagi hari.


Kepala Desa Lau Damak Ngemat Ginting menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim pelaksana PkM USU atas fasilitas yang diberikan bagi warganya. Beliau juga menyatakan bahwa sejak lama pihaknya terus mendesak PLN untuk memasukkan listrik ke daerah ini namun tidak kunjung terealisasi. Masuknya Tim USU telah memberikan solusi yang selama ini warga inginkan kendati besaran watt yang dipasok tidak sebesar listrik PLN. (Humas/RJ)