Workshop USU Towards Green Campus Hadirkan Dua Narasumber Internasional

MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara berhasil mendapatkan peningkatan score dalam penilaian UI Green Metrics untuk penghargaan Kampus Hijau 2018. Jika pada tahun 2017 total skor yang didapatkan sebesar 4.796, maka pada 2018 total skor Universitas Sumatera Utara sebesar 5.300. Untuk itu, Wakil Rektor IV USU, Prof Dr Ir Bustami Syam, M.S.M.E, menyampaikan pentingnya segenap civitas akademika USU untuk terus bekerja keras bahu-membahu dalam menaikkan peringkat USU dalam penilaian UI Green Metrics 2019 nanti.

 

GC a

 

GC aHal tersebut disampaikan Wakil Rektor IV USU ketika membuka Workshop “USU Towards Green Campus” yang berlangsung di Ruang IMT-GT Gedung Biro Pusat Administrasi USU lantai 2, Jum’at (13/9), di depan sejumlah perwakilan pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta. Tampil sebagai narasumber Prof Marco Sala dari ABITA Green Italia, Vanni Puccioni dari ABITA Green Italy dan Vice Chair of UI Green Metric World University Ranking, University of Indonesia, Junaidi, SS, MA. Selain itu ada Romi Fadillah Rahmat, B. Comp, Sc, M Sc, Achmad Delianur Nasution, ST, MT, Ph D dan Muhammad Agung Putra Handana, ST, MT dari Universitas Sumatera Utara.

 

GC b

 

GC bWorkshop USU Towards Green Campus diharapkan mampu menjadi forum transfer informasi, ilmu dan pengalaman yang akan dibagikan kepada seluruh peserta workshop, untuk menjadi bekal mewujudkan Kampus Hijau pada perguruan tinggi masing-masing.

 

GC d

 

GC g“Penghijauan kampus harus terus-menerus digalakkan. Begitupula kepedulian terhadap aspek-aspek indikator penilaian green campus lainnya, seperti statistik kehijauan kampus, pengelolaan sampah, energi dan perubahan iklim, penggunaan air, transportasi dan pendidikan,” kata Prof Bustami.

 

GC g

 

GC dPada tahun 2017 lalu, Universitas Sumatera Utara berhasil meraih penghargaan sebagai Kampus Hijau peringkat ke-11 di Indonesia dan peringkat ke-234 di dunia. Namun pada tahun 2018, Universitas Sumatera Utara harus berlapang dada turun peringkat ke ranking 14 di Indonesia dan peringkat 253 di dunia. Meskipun demikian, untuk perolehan score yang diraih Universitas Sumatera Utara mengalami peningkatan.

 

GC i

 

GC iDikatakan Warek IV USU, hal tersebut menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan dalam upaya Universitas Sumatera Utara menuju kategori green campus. Akan tetapi, banyak perguruan tinggi lain yang mungkin persiapan dan usahanya jauh lebih baik, yang mengakibatkan turunnya peringkat Universitas Sumatera Utara. Perolehan tersebut tentu membuat kita semua harus bergegas memperbaiki diri dan membenahi seluruh kekurangan. (Humas)