Pelatihan Daring Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Berbasis Online

Unit Pelayanan dan Pengembangan Pendidikan Universitas Sumatera Utara (UPP-USU) menyelenggarakan Pelatihan Daring Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Berbasis Online pada Selasa (22/9/2020) melalui platform e-Learning USU. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Reni Asmara Ariga, S.Kp, MARS selaku Ketua UPP USU. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan membekali dosen-dosen yang ada di lingkungan USU agar dapat memvariasikan berbagai media online dalam mendukung kegiatan belajar-mengajar secara daring yang interaktif.

Pada pelatihan ini peserta dilatih menggunakan platform e-Learning USU dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Peserta dibimbing langkah demi langkah secara langsung untuk memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di e-Learning USU, dimulai dari menambahkan topik pembelajaran, menambahkan aktivitas dan konten pembelajaran, membuat absensi, membuat kuis dan tugas, sampai dengan kiat-kiat memanfaatkan e-Learning dalam memudahkan proses administrasi dalam pembelajaran secara otomatis.

1.png

Selain mengupas tuntas e-Learning USU, tim fasilitator UPP USU juga memperkenalkan penggunaan Online Whiteboard untuk pembelajaran yang interaktif. Pada sesi ini peserta dilatih menggunakan berbagai fitur yang tersedia dalam Conceptboard untuk menciptakan lingkungan belajar daring yang menarik dan interaktif, sekaligus dapat memantau kegiatan belajar mahasiswa secara langsung dan melihat inisiatif dan motivasi belajar mahasiswa secara realtime.

Setelah itu, peserta juga dilatih untuk menggunakan aplikasi-aplikasi gamifikasi yang dapat dimanfaatkan dalam melakukan evaluasi terhadap pemahaman mahasiswa secara menarik. Pada sesi ini peserta dikenalkan pada Quizziz, platform pembuat kuis interaktif yang dapat dimainkan oleh mahasiswa dari berbagai perangkat, baik melalui computer maupun ponsel. Peserta dipandu untuk mengkonfigurasi kuis dan diberi tips-tips yang dapat memudahkan dosen dalam pembuatan maupun pembuatan laporan evaluasi mahasiswa secara otomatis.

Materi selanjutnya yaitu pembuatan video sederhana dengan menggunakan Screencast-O-Matic dan Zoom untuk dapat merekan layer pada saat presentasi dosen. Selain itu diperkenalkan juga aplikasi pembuatan video explainer secara instan dan menarik menggunakan beberapa aplikasi online.

 2.png

Luaran dari pelatihan daring ini dititikberatkan pada kemampuan dalam menggunakan berbagai media online untuk mendukung proses pembelajaran. Untuk mengukur kemampuan peserta dalam mengimplementasikan materi yang telah disampaikan, seluruh peserta diminta untuk membuat media pembelajaran online dan mensimulasikan penggunaannya secara langsung.

3.png

Meskipun lokakarya dilaksanakan secara daring, 25 peserta dosen di lingkungan USU yang sudah ditugaskan oleh fakultas terlihat antusias dalam mengikuti seluruh materi yang disajikan. Seluruh peserta aktif selama mengikuti lokakarya, dan dapat menyelesaikan tugas simulasi sebagai syarat kelulusan dan mendapatkan sertifikat dari UPP USU.

4.png

5.png

Di akhir pelatihan, UPP USU memberikan apresiasi yang diberikan kepada peserta yang sejak awal terus dipantau oleh tim mengenai keaktivan, partisipasi dan kedisiplinan pada tata tertib pelatihan UPP USU. Pada pelatihan ini terpilih tiga peserta dengan predikat terbaik, yaitu Prof. Dr. Ing. Ir. Johannes Tarigan dari Fakultas Teknik USU sebagai peserta terbaik pertama, Dr. Ir. Fahmi, S.T., M.Sc., IPM dari Fakultas Teknik USU sebagai peserta terbaik kedua dan Dr. Ir. Hotnida Sinaga, M.Phil dari Fakultas Pertanian USU sebagai peserta terbaik ketiga yang diumumkan pada acara penutupan lokakarya. Tim UPP USU berharap semoga seluruh peserta yang telah mengikuti lokakarya ini dapat menjadi role model ketika kembali ke program studi masing-masing untuk dapat melakukan perkuliahan lebih baik lagi, terlebih pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19.