PLN BLITS Explore Indonesia Hadirkan Mobil Listrik di USU

MEDAN – HUMAS USU : Mobil listrik hasil inovasi mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta berkolaborasi dengan mahasiswa ITS Surabaya yang diberi nama BLITS dan KASUARI tiba di pelataran Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU), Senin (17/12). Dua produk inovasi yang telah menjajal beberapa kota di Pulau Jawa dan Sumatera, dijadwalkan menempuh jarak sepanjang 50 ribu kilometer yang akan berakhir di Sabang, melalui ekspedisi bertajuk PLN BLITS Explore Indonesia, yang didanai oleh PT PLN (Persero).

BLITS 3Kehadiran mobil listrik disambut oleh Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, didampingi General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut, Feby Joko Priharto beserta jajaran manager lainnya. Turut hadir dari USU di antaranya Ketua Dewan Guru Besar USU, Prof Dr dr Gontar Alamsyah Siregar, Sp PD, KGEH, Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ir. Bustami Syam, M.S.M.E dan Sekretaris Universitas Dr dr Farhat, M Ked (ORL-HNS), Sp THT-KL(K). Sementara lainnya adalah yang mewakili Kajatisu, Direktur PUI ITS, Direktur PUI Universitas Budi Luhur, Komunitas Mobil Listrik, serta Tim BLITS. Selain kehadiran mobil listrik, pada kesempatan yang sama juga turut digelar Kuliah Umum bertajuk, “Electricy For A Better Life”, dengan pemateri yang berasal dari Tim Blits Explore Indonesia.

BLITS 3

BLITS 5Feby dalam sambutannya antara lain mengatakan, bahwa kedua tipe mobil listrik itu menggunakan pemakaian listrik yang berbeda. BLITS sepenuhnya menggunakan listrik dalam operasionalnya. Sementara KASUARI hanya 50 persen saja menggunakan listrik, 50 persen lagi memakai BBM diesel (CPO). Untuk pengisian baterai dibutuhkan waktu selama 8 jam dan dapat bertahan menempuh jarak sejauh 300 kilometer.

BLITS 2“Untuk BLITS sekali cas bisa menjangkau 300 kilometer perjalanan dan butuh daya 100 Kwh. Bila dihitung dengan tarif listrik rumah tangga hanya Rp1.437/Kwh. Berarti untuk 300 kilometer biaya yang dibutuhkan sebanyak Rp 143.700,-. Intinya mobil ini murah dan ramah lingkungan, tidak menimbulkan polusi udara dan suara. Demikian pula halnya dengan sepeda motor listrik,” papar Febi.

 BLITS 1

Febi menegaskan, PLN mempunyai komitmen dalam mengembangkan dan mendukung penuh kegiatan eksplore dengan menyediakan stasiun carging. Di Sumut saat ini tersedia 15 stasiun pengisian listrik umum (SPLU), yang potensial untuk ditambah lagi.

BLITS 7“Kami mendorong penggunaan mobil dan sepeda motor listrik ini melalui pembentukan komunitas kendaraan listrik yang diketuai Rino Gumpar Hutasoit. Komunitas ini untuk memberi pemahaman pada masyarakat. PLN siap menyambut era kendaraan listrik dengan tidak ada keraguan sedikitpun. Sepeda motor listrik juga sudah ada dijual di Medan. Harga mobil ini yang tahu adalah pihak ITS sebagai perakitnya," katanya.

BLITS 6Ke depan, lanjut Feby, bangsa Indonesia tidak perlu mengimport mobil yang pakai BBM, kalau mampu mengembangkan kendaraan listrik ini. Indonesia bisa mengambil kesempatan dengan menggandeng universitas-universitas yang ada untuk melakukan riset dan memproduksinya secara massal. Febi menegaskan, bahwa PLN hanya mengenalkan dan tidak ada menjual mobil tersebut. Menurutnya, di masa depan kendaraan listrik merupakan keniscayaan dan PLN siap mendukung.

BLITS 6

BLITS 4Sementara itu Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, menyambut baik dan mengapresiasi kehadiran mobil listrik. Rektor berharap, kehadiran mobil listrik di USU dapat semakin menambah semangat mahasiswa fakultas teknik untuk meningkatkan kreativitas dan inovasinya, sehingga mampu memenangkan kompetisi.

Mahasiswa Fakultas Teknik USU sebelumnya pernah menghasilkan mobil hemat bahan bakar yang diberi nama Horas. Pada kompetisi mobil irit Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2014 lalu, mobil Horas buatan mahasiswa USU tersebut menjuarai dua kategori. Pada kategori Urban Concept berbahan bakar etanol, mobil Horas menyabet juara pertama. Sedangkan pada kategori Urban Concept berbahan bakar diesel, Horas meraih juara kedua. Mobil Horas kini terus dikembangkan inovasinya sebagai mobil hemat bahan bakar dan menunggu kerjasama dengan pihak industry untuk dapat diproduksi massal.

BLITS 2

BLITS 1Rektor USU juga mengharapkan agar kuliah umum yang disajikan oleh Tim BLITS Explore bertajuk, “Electricy For A Better Life”, juga dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh seluruh mahasiswa-mahasiswi yang memenuhi Auditorium USU untuk menambah ilmu dan wawasan, khususnya terkait mobil listrik. (Humas)