Tim PPM USU Introduksi Bibit Bawang Unggul bagi Masyarakat Desa Bonan Dolok Samosir

Ditayangkan: 26 November 2018
MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) melalui Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) belum lama ini melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di Desa Bonan Dolok, Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir. Kegiatan berupa pengenalan dan sumbangan bibit bawang merah unggul bagi petani Desa Bonan Dolok.

 

Kepala Desa Bonan Dolok, Siboro, mengungkapkan rasa syukurnya karena USU memberi perhatian pada desa yang pernah dilanda bencana alam berupa banjir bandang pada Februari 2018 lalu. Bencana ini praktis memutuskan jalur transportasi darat dan beberapa jembatan penghubung. Kini untuk dapat mengakses desa tersebut warga harus menggunakan boat menuju Kota Pangururan. Siboro mengungkapkan, hingga kini warganya belum pernah bercocok tanam bawang merah, kendati ia telah mendengar bahwa komoditi ini dapat tumbuh dan berproduksi baik di wilayahnya.

 

PPM a

PPM aMasuknya Tim Pelaksana Pengabdian pada Masyarakat (PPM) USU yang dipimpin oleh Ir. Lily Fauziah, MS, memberi angin segar bagi warga desa. Selain itu, tim juga memberikan pelatihan dan penyuluhan terkait budidaya bawang merah. Bersama-sama dengan mahasiswa yang mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) USU, Tim Pelaksana PPM USU bahu-membahu melaksanakan penyuluhan dan pelatihan budidaya bawang merah. Selain itu tim juga menyumbang 500 kg bibit bawang merah unggul dengan dukungan hibah PPM dari Kemenristek Dikti tahun 2018. Menurut Lily, bibit ini berpotensi menghasilkan produk 10-15 kali lipatnya pada saat berproduksi nanti, jika tumbuh dengan baik.

 

Masyarakat setempat merasa sangat berterima kasih kepada Tim Pelaksana PPM USU atas perhatian yang diberikan. Kini mereka telah membudidayakan bawang merah di Desa Bonan Dolok dan berharap dapat berproduksi dengan baik nantinya pada tiga bulan ke depan. Masyarakat juga menginginkan agar perhatian USU dalam bentuk lainnya akan terus bergulir ke wilayah tersebut untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa yang tertinggal. (HUMAS)