USU Submit Data Pemeringkatan Kampus Hijau UI Green Metrics 2020

MEDAN – HUMAS USU : Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, secara resmi melakukan submit data pemeringkatan kampus hijau UI Greenmetrics World University Ranking 2020 secara online, Rabu (5/11/2020). Kegiatan tersebut dilaksanakan di taman mini zoo depan Gedung Biro Pusat Administrasi USU, didampingi Wakil Rektor III USU Prof Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, Ph D dan Wakil Rektor IV Prof Dr Ir Bustami Syam, MSME. Turut menyaksikan, para dekan fakultas, direktur sekolah pascasarjana, direktur RS USU dan Direktur RSGM, serta pimpinan unit kerja di lingkungan USU.

GM 2

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh seluruh civitas akademika USU dan Tim UI Green Metrics USU dalam meningkatkan pencapaian prestasi dan pemeringkatan yang baik di UI Green Metrics.

GM 13

“Tentu segala hal yang telah diwujudkan hingga saat ini bukanlah pekerjaan yang mudah dan membutuhkan pemikiran yang benar-benar terfokus dari seluruh unsur sumber daya manusia yang dimiliki USU. Semoga segala pengorbanan dan kerja keras yang telah kita lakukan ini dapat membuahkan hasil yang baik dan membanggakan dalam pemeringkatan UI Green Metrics mendatang. Mari kita sama-sama berdoa untuk keberhasilan dan kejayaan USU,” kata Rektor.

GM 4

Namun, lanjut Rektor, pencapaian peringkat terbaik bukan menjadi satu-satunya tujuan yang ingin dicapai oleh USU. “Yang tidak kalah penting tentu saja harapan agar USU sebagai salah satu perguruan tinggi di klaster satu dapat berkontribusi maksimal dalam membangun lingkungan kampus yang hijau, sehat, bersih dan nyaman, serta memiliki SDM yang peduli terhadap lingkungan dan memerhatikan keseimbangan ekologi dalam setiap pembangunan yang dilakukan,” imbuh Rektor.

GM 8

Disampaikan Prof Runtung, Universitas Sumatera Utara juga ingin berperan serta secara maksimal dalam kegiatan pelestarian lingkungan dan memecahkan masalah lingkungan yang muncul di tengah masyarakat.

GM 14

“Kita semua berharap agar percepatan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat berjalan seiring dengan pelestarian lingkungan, sehingga tidak menimbulkan ancaman yang merugikan bagi makhluk hidup di masa depan. Tersedianya lingkungan yang hijau, asri dan sehat merupakan kebutuhan mendesak dan salah satu skala prioritas kebutuhan kampus, mengingat efek pemanasan global yang semakin dirasakan dampaknya,” pungkasnya.

GM 9

Sebelumnya, Warek IV USU Prof Dr Ir Bustami Syam, MSME, menyampaikan beberapa hal yang telah direncanakan USU sebagai tindak lanjut program Kampus Hijau pada 2021. Di antaranya adalah sosialisasi peraturan rektor tentang pelaksanaan Gerakan Kampus Hijau USU, program lanjutan audit dan penambahan titik Rain Water Harvesting yang direncanakan untuk area stadion mini USU, lapangan sepak bola jl Dr A Sofyan, beberapa gedung kuliah bersama dan beberapa lokasi lainnya. Juga rencana pembuatan akses transportasi terbatas dan revitalisasi pedestrian di Kampus USU, pengembangan ruangan zero emisi di Biro Pusat Administrasi USU, revitalisasi lampu LED, optimalisasi penggunaan sepeda kampus, revitalisasi water appliance (melanjutkan yang sudah dilaksanakan USU pada tahun 2020), pembentukan unit pengelolaan sampah terpadu USU dan sasana olahraga penghasil energi. 

GM 11

Pembuatan biopori di area halaman gedung Biro Pusat Administrasi USU, revitalisasi biogass di Peternakan-Fakultas Pertanian, kinetich energy harvesting, IPAL dan tempat penyimpanan sementara limbah B3 Fakultas Kedokteran juga menjadi prioritas kegiatan yang akan dilakukan pada tahun mendatang.

GM 7

“USU juga akan melanjutkan rencana tahun 2020, yakni melakukan evaluasi terhadap lahan parkir existing dan penyusunan kebijakan parkir existing dan penyusunan kebijakan parkir yang mendukung sustainability. Kemudian akan dilanjutkan dengan penataan ulang area parkir di lingkungan Kampus USU sebagai upaya nyata pengurangan lahan parkir, dengan mengubah area parkir menjadi taman parkir yang berfungsi ganda sebagai lahan hijau ketika tidak ada kendaraan,” kata Prof Bustami.

GM 1

Wakil Ketua Tim UI Greenmetrics USU Emerson Pascawira Sinulingga, ST, M Sc, Ph D, pada awal kegiatan memaparkan seputar keikutsertaan USU dalam pemeringkatan UI Green Metrics yang dimulai dari tahun 2017. Juga pencapaian yang telah diraih hingga tahun 2019 lalu, di mana USU menempati posisi 14 dalam UI Green Metrics Rank.

GM 12

“Skor total USU pada tahun 2019 meningkat 500 poin menjadi 5.800, dari tahun sebelumnya yang tercatat 5.300 poin. Peserta pemeringkatan Kampus Hijau dunia UIGreenMetric pada tahun 2019 ini sebanyak 719 perguruan tinggi di seluruh dunia dan 72 perguruan tinggi di Indonesia. Meski peserta bertambah, namun peringkat USU sebagai Kampus Hijau secara internasional melonjak 3 peringkat menjadi Kampus Hijau ke-250 dunia, di mana pada tahun 2018 USU hanya menduduki peringkat 253. Namun di tingkat nasional, USU harus puas mempertahankan peringkat di posisi ke-14 Kampus Hijau Indonesia, sama dengan tahun sebelumnya,” katanya. (RJ)